Rabu, 05 Februari 2014

Makalah pengaruh hunian kos terhadap indeks prestasi mahasiswa

MAKALAH
PENGARUH HUNIAN KOS TERHADAP INDEKS PRESTASI MAHASISWA





                                                        NAMA : Rabiatul Wahidah
                                                        NPM    : 12.11107.13201..0132


  
KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat, hidayah, bimbingan dan petunjuk-Nya saya dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini membahas     ‘’ pengaruh hunian mahasiswa terhadap indeks prestasi belajar ‘’ 
Makalah ini disusun dalam rangka memenuhi persyaratan dalam proses belajar mengajar studi kampus di Universitas widiya gama Mahakam samarinda yang berbentuk tugas.
            Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, dengan hati terbuka saya mengharapkan segala saran dan kritik dari berbagai pihak yang bersifat membangun bagi perbaikan dan kesempurnaan makalah ini.
         Harapan saya semoga makalah ini dapat menjadi bahan bacaan yang berguna dan bermanfaat kepada mahasiswa dalam menambah pembelajaran serta wawasan pengetahuan.

                                                                                                  Tenggarong,28 Januari 2014

            Penyusun
                                                                                 Rabiatul Wahidah
                                                                                    NPM.12.11.107.13201.0132
                                                                                      Semester :  III extension



BAB I
PENDAHULUAN
  1.    Latar Belakang
          Banyak para remaja dan dewasa setelah lulus SLTA/MA meneruskan impiannya untuk menimba ilmu yang begitu besar di perkuliahan yang mereka pilih,sehingga mengharuskan mahasiswa yang masuk diperguruan tinggi atau universitas meninggalkan tempat asalnya demi menuntut ilmu serta cita-cita untuk menjadi mahasiswa yang berguna bagi bangsa serta daerah tempat asalnya. 
        Sangat di sadari tinggal berjauhan dari orang tua dengan mencari tempat tinggal baru yang dekat dengan perkuliahan yaitu kos sudah tidak asing lagi kita dengar  di kalangan mahasiswa sekarang.  karena keinginan menuntut ilmu yang begitu besar sehingga mengharuskan meninggalkan tempat asal demi sebuah pendidikan yang sangat jauh dari tempat asal. Sekarang banyak para remaja daerah terpencil /kota kecil mendorong mereka untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan harapan kualitas pendidikan jauh lebih baik.
        Saat ini banyak tempat kos contohnya saja Dilingkungan masyarakat kampus yang setiap saat menerima mahasiswa untuk tinggal (kos), dalam sossiologi dikatagorikan sebagai kelompok sekunder yaitu kelompok besar yang terdiri banyak orang. Yang hubungannya tak perlu berdasarkan saling mengenal satu sama lain secara pribadi. Di Lingkungan tempat tinggal kos biasanya memiliki peratura yang berbeda-beda,dari tempat kos yang pernah saya ketahui banyak tempat kos yang tidak dijaga pemiliknya. Ada peraturan yang membatasi anak kos agar tidak terlalu bebas dengan menetapkan jam berkunjung /jam malam.
      Kebebasan itu akhirnya dapat membentuk prilaku negative bagi remaja kos . serta tidak adanya pengawasan dari orang tua menyebabkan mahasiswa remaja yang kos merasa bebas untuk melakukan apa saja termasuk perbuatan menyimpang yang biasanya tidak pernah mereka lakukan. Didukung dengan pula lingkungan yang komunitasnya sangat rentan terhadap pergaulan bebas , karena mereka merasa memiliki kebebasan penuh dengan mengatur hidupnya tanpa batasan dan larangan dari kedua orang tua atau siapa pun. Sehingga lingkungan mereka bebas bergaul dengan siapa saja baik terutama di linkungan negative, yang lambat laun akan mempengaruhi pola pikir serta prestasinya.
TUJUAN MAKALAH INI Agar bisa memahami ‘’pengaruh hunian mahasiswa terhadap indeks prestasi belajar’’


BAB II
PEMBAHASAN
  2.   ISI
        Lingkungan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi  terhadap pembentukan dan perkembangan perilaku individu, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosiologi dan fisiologis, termasuk didalamnya adalah belajar. Terhadap faktor lingkungan ini ada pula yang menyebutkan sebagai empiric , yang berarti pengalaman , karena pengalaman lingkungan itu individu mulai mengalami dan mengecap alam sekitarnya. Manusia tidak bisa melepaskan diri secara mutlak dari pengaruh lingkungan itu , karena lingkungan itu senantiasa tersedai di sekitarnya. Ada beberapa macam pengaruh lingkungan individu, Lingkungan  membuat individu  sebagai makhluk social. Yang dimaksud dengan berbagai macam bentuk karakter sifat orang.
      Perilaku lingkungan bebas di tempat tinggal/kos  itu akhirnya dapat membentuk prilaku negative serta pola piker belajar bagi remaja kos kurang . Pada umumnya perilaku ini merupakan akibat tidak adanya pengawasan dari orang tua, lingkungan pergaulan bebas hidup ditempat kos.  ada banyak beberapa faktor terutama cara belajar mahasiswa yang bebas terutama sikap prilaku yang sentimental dan pola pikir yang kurang sehingga indeks prestasi hasil semester jauh lebih rendah karena kurangnya pengawasan.
        Kita sebagai manusia mempunyai naluri untuk senantiasa berhubungan dengan sesamanya yaitu hubungan yang berkesinambungan. Untuk mengetahui kondisi lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar mahasiswa dilakukan membandingakan prestasi belajar pada setiap tempat tinggal mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan  prestasi beljar mahasiswa di tinjau dari kondisi lingkungan tempat tinggal yang berbeda-beda. Lingkungan ini sangat mempengaruhi kehidupan manusia, seperti yang diutarakan pada teori empiris ‘’ menyatakan bahwa perkembangan individu dipengaruhi dan ditentukan oleh pengalaman yang diperoleh. Pengaruh lingkungan sangat besar membawa diri manusia menuju ke puncak sukses  serta impian.







BAB III
  3.    KESIMPULAN
       Terhadap pengaruh lingkungan kos  yang ditempati mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mahasiswa pengaruh lingkungan kos yang ditempati  terhadap prestasi belajar, besarnya konstribusi lingkungan kos termasuk sangat kecil. Terhadap pengaruh jumlah mahasiswa  yang kos dalam satu kamar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Besarnya jumlah pengaruh mahasiswa  yang kos dalam satu kamar terhadap prestasi belajar termasuk sedang dan besarnya konstribusi  jumlah mahasiswa yang kos dalam satu kamar terhadap terhadap prestasi belajar termasuk sangat kecil terhadap pengaruh lingkungan kos yang ditempati mahasiswa dan jumlah mahasiswa yang kos dalam satu kamar terhadap prestasi belajar mahasiswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar