MAKALAH
PENGARUH HUNIAN KOS TERHADAP INDEKS PRESTASI MAHASISWA
NAMA : Rabiatul Wahidah
NPM :
12.11107.13201..0132
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan
kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat, hidayah, bimbingan dan petunjuk-Nya
saya dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini membahas ‘’ pengaruh hunian mahasiswa terhadap indeks
prestasi belajar ‘’
Makalah ini disusun dalam rangka memenuhi
persyaratan dalam proses belajar mengajar studi kampus di Universitas widiya
gama Mahakam samarinda yang berbentuk tugas.
Saya
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu,
dengan hati terbuka saya mengharapkan segala saran dan kritik dari berbagai
pihak yang bersifat membangun bagi perbaikan dan kesempurnaan makalah ini.
Harapan saya semoga makalah ini dapat menjadi bahan
bacaan yang berguna dan bermanfaat kepada mahasiswa dalam menambah pembelajaran
serta wawasan pengetahuan.
Tenggarong,28 Januari 2014
Penyusun
Rabiatul Wahidah
NPM.12.11.107.13201.0132
Semester : III extension
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Banyak para remaja dan dewasa setelah lulus SLTA/MA meneruskan impiannya
untuk menimba ilmu yang begitu besar di perkuliahan yang mereka pilih,sehingga
mengharuskan mahasiswa yang masuk diperguruan tinggi atau universitas
meninggalkan tempat asalnya demi menuntut ilmu serta cita-cita untuk menjadi
mahasiswa yang berguna bagi bangsa serta daerah tempat asalnya.
Sangat di sadari tinggal berjauhan dari orang tua dengan mencari tempat
tinggal baru yang dekat dengan perkuliahan yaitu kos sudah tidak asing lagi
kita dengar di kalangan mahasiswa
sekarang. karena keinginan menuntut ilmu
yang begitu besar sehingga mengharuskan meninggalkan tempat asal demi sebuah
pendidikan yang sangat jauh dari tempat asal. Sekarang banyak para remaja daerah
terpencil /kota kecil mendorong mereka untuk melanjutkan pendidikan di
perguruan tinggi dengan harapan kualitas pendidikan jauh lebih baik.
Saat ini banyak tempat kos contohnya saja Dilingkungan masyarakat kampus
yang setiap saat menerima mahasiswa untuk tinggal (kos), dalam sossiologi dikatagorikan
sebagai kelompok sekunder yaitu kelompok besar yang terdiri banyak orang. Yang
hubungannya tak perlu berdasarkan saling mengenal satu sama lain secara pribadi.
Di Lingkungan tempat tinggal kos biasanya memiliki peratura yang berbeda-beda,dari
tempat kos yang pernah saya ketahui banyak tempat kos yang tidak dijaga
pemiliknya. Ada peraturan yang membatasi anak kos agar tidak terlalu bebas
dengan menetapkan jam berkunjung /jam malam.
Kebebasan itu akhirnya dapat membentuk prilaku negative bagi remaja kos
. serta tidak adanya pengawasan dari orang tua menyebabkan mahasiswa remaja
yang kos merasa bebas untuk melakukan apa saja termasuk perbuatan menyimpang yang
biasanya tidak pernah mereka lakukan. Didukung dengan pula lingkungan yang
komunitasnya sangat rentan terhadap pergaulan bebas , karena mereka merasa
memiliki kebebasan penuh dengan mengatur hidupnya tanpa batasan dan larangan
dari kedua orang tua atau siapa pun. Sehingga lingkungan mereka bebas bergaul
dengan siapa saja baik terutama di linkungan negative, yang lambat laun akan
mempengaruhi pola pikir serta prestasinya.
TUJUAN MAKALAH INI Agar bisa memahami ‘’pengaruh
hunian mahasiswa terhadap indeks prestasi belajar’’
BAB II
PEMBAHASAN
2. ISI
Lingkungan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap pembentukan dan perkembangan
perilaku individu, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosiologi dan
fisiologis, termasuk didalamnya adalah belajar. Terhadap faktor lingkungan ini
ada pula yang menyebutkan sebagai empiric , yang berarti pengalaman , karena
pengalaman lingkungan itu individu mulai mengalami dan mengecap alam
sekitarnya. Manusia tidak bisa melepaskan diri secara mutlak dari pengaruh
lingkungan itu , karena lingkungan itu senantiasa tersedai di sekitarnya. Ada
beberapa macam pengaruh lingkungan individu, Lingkungan membuat individu sebagai makhluk social. Yang dimaksud dengan
berbagai macam bentuk karakter sifat orang.
Perilaku lingkungan bebas di tempat
tinggal/kos itu akhirnya dapat membentuk
prilaku negative serta pola piker belajar bagi remaja kos kurang . Pada umumnya
perilaku ini merupakan akibat tidak adanya pengawasan dari orang tua,
lingkungan pergaulan bebas hidup ditempat kos.
ada banyak beberapa faktor terutama cara belajar mahasiswa yang bebas
terutama sikap prilaku yang sentimental dan pola pikir yang kurang sehingga
indeks prestasi hasil semester jauh lebih rendah karena kurangnya pengawasan.
Kita sebagai manusia mempunyai
naluri untuk senantiasa berhubungan dengan sesamanya yaitu hubungan yang
berkesinambungan. Untuk mengetahui kondisi lingkungan tempat tinggal terhadap
prestasi belajar mahasiswa dilakukan membandingakan prestasi belajar pada
setiap tempat tinggal mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui
perbedaan prestasi beljar mahasiswa di
tinjau dari kondisi lingkungan tempat tinggal yang berbeda-beda. Lingkungan ini
sangat mempengaruhi kehidupan manusia, seperti yang diutarakan pada teori
empiris ‘’ menyatakan bahwa perkembangan individu dipengaruhi dan ditentukan
oleh pengalaman yang diperoleh. Pengaruh lingkungan sangat besar membawa diri
manusia menuju ke puncak sukses serta
impian.
BAB III
3.
KESIMPULAN
Terhadap pengaruh lingkungan kos
yang ditempati mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa pada
mahasiswa pengaruh lingkungan kos yang ditempati terhadap prestasi belajar, besarnya
konstribusi lingkungan kos termasuk sangat kecil. Terhadap pengaruh jumlah
mahasiswa yang kos dalam satu kamar
terhadap prestasi belajar mahasiswa. Besarnya jumlah pengaruh mahasiswa yang kos dalam satu kamar terhadap prestasi
belajar termasuk sedang dan besarnya konstribusi jumlah mahasiswa yang kos dalam satu kamar
terhadap terhadap prestasi belajar termasuk sangat kecil terhadap pengaruh
lingkungan kos yang ditempati mahasiswa dan jumlah mahasiswa yang kos dalam
satu kamar terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar